MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI
KELAS : IV (EMPAT)
SEMESTER : 1 (SATU)
TEMA : SELALU BERHEMAT ENERGI
SUBTEMA : SUMBER ENERGI
KOMPETENSI
DASAR
Bahasa
Indonesia
3.2 Mencermati
keterhubungan antargagasan yang didapat
dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.2 Menyajikan hasil
pengamatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam tulisan.
IPA
3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan
sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar
organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan
penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.
IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam
untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat
provinsi.
4.1 Menyajikan hasil
identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.
INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
3.2.1 Menjelaskan pengertian gagasan pokok
3.2.2 Mengidentifikasi
gambar-gambar dari teks visual
4.2.1 Menuliskan
gagasan pokok dari teks visual
IPA
3.5.1 Menjelaskan
pengertian energi
3.5.2 Mengidentifikasi berbagai sumber energi dalam
kehidupan sehari-hari
3.5.3 Mengidentifikasi perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari
4.5.1 Membuktikan
perubahan bentuk energi matahari dalam kehidupan
sehari-hari
4.5.2 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari dalam kehidupan
sehari-hari
IPS
3.1.1 Menjelaskan
pengertian sumber daya alam
3.1.2 Mengidentifikasi sumber daya alam yang
dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui
4.1.1 Membuat tabel klasifikasi sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak
dapat diperbaharui beserta manfaatnya
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Bahasa
Indonesia
1. Dengan bertanya jawab antara siswa dan guru,
siswa dapat menjelaskan pengertian gagasan pokok dengan benar
2. Dengan mengkaji teks visual “Menjemur Pakaian”, siswa dapat
mengidentifikasi gambar-gambar dari teks visual dengan benar.
3. Dengan mengkaji teks visual “Menjemur Pakaian”, siswa dapat menuliskan
gagasan pokok dari teks visual dengan benar
IPA
1. Dengan bertanya jawab antara siswa dan guru,
siswa dapat menjelaskan pengertian energi dengan benar
2. Dengan mengamati lingkungan sekitar sekolah,
siswa dapat mengidentifikasi berbagai sumber energi dalam
kehidupan sehari-hari dengan benar
3. Dengan mengamati lingkungan sekitar sekolah,
siswa dapat mengidentifikasi perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
4. Dengan melakukan
percobaan menjemur kain, siswa dapat membuktikan perubahan bentuk energi matahari dalam kehidupan
sehari-hari dengan benar
5. Dengan melakukan diskusi kelompok, siswa dapat menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
IPS
1. Dengan bertanya jawab antara siswa dan guru,
siswa dapat menjelaskan pengertian sumber daya alam dengan benar
2. Dengan mengkaji teks informasi “Sumber Daya Alam Indonesia”, siswa dapat mengidentifikasi
sumber daya alam yang dapat diperbaharui
dan tidak dapat diperbaharui dengan benar
3. Dengan melakukan diskusi kelompok, siswa
dapat membuat tabel klasifikasi sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak
dapat diperbaharui beserta manfaatnya dengan benar
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Pengertian gagasan pokok
2. Gagasan pokok teks visual
3. Pengertian Energi
4. Berbagai sumber energi
5. Perubahan bentuk energi
6. Pengertian sumber daya alam
7. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui beserta manfaatnya
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Sintak | Kegiatan Pembelajaran | |
---|---|---|
Orientasi | 1. Guru melakukan apersepsi dengan melalui bertanya : | |
a. Siapa yang belum sarapan? | ||
b. Apa yang kalian rasakan jika belum sarapan? | ||
c. Sebab belum sarapan menjadikan tubuh lemas dan tidak bertenaga. Karena sarapan akan menghasilkan apa? | ||
d. Apa yang dimaksud dengan energi? Dari sarapan yang kita makan diolah tubuh (energi kimia) kita bisa berjalan (menjadi energi gerak). | ||
e. Energi adalah kekuatan untuk melakukan usaha. Amati energi yang ada di lingkungan sekolah kalian? | ||
f. Energi dapat dirubah menjadi energi lain. Amati perubahan energi yang ada di lingkungan sekolah kalian? | ||
2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan. | ||
Merumuskan Masalah | 3. Siswa mengkaji teks visual “Menjemur Pakaian” | |
4. Siswa bertanya jawab dengan guru untuk mengetahui gambar-gambar dari teks visual | ||
5. Siswa menuliskan gagasan pokok gambar teks visual “Menjemur Pakaian” | ||
6. Siswa dibimbing untuk mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan “Menjemur Pakaian” tersebut dan guru memberikan pertanyaan yang ditulis di papan tulis, yaitu: | ||
a. Mengapa ibu menjemur pakaian di halaman? | ||
b. Bagaimanakah jika ibu menjemur pakaian di tempat teduh? | ||
Merumuskan Hipotesis | 7. Siswa berkelompok yang terdiri dari 5 orang | |
8. Siswa berdiskusi untuk mengajukan hipotesis menjawab pertanyaan dari guru. | ||
Mengumpulkan Data | 9. Perwakilan setiap kelompok menulis hipotesis di papan tulis. | |
10. Guru membagikan LKPD (untuk membuktikan hipotesis perubahan bentuk energi) kepada setiap kelompok. | ||
11. Siswa melakukan percobaan sesuai dengan LKPD dan mencatat hasil dari percobaan. | ||
Menguji Hipotesis | 12. Siswa melakukan analisis data hasil percobaan yang diperoleh | |
Merumuskan Kesimpulan | 13. Perwakilan setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil percobaannya. | |
14. Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi yang dibahas berdasarkan hipotesis yang paling tepat. | ||
15. Siswa mengkaji teks informasi “Sumber Daya Alam Indonesia” | ||
16. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang teks informasi tersebut untuk mengetahui sumber daya alam dan. | ||
17. Siswa berdiskusi mengerjakan LKPD (untuk mengklarifikasikan sumber daya alam dan manfaatnya ) | ||
18. Perwakilan setiap kelompok untuk mempresentasikan diskusinya | ||
19. Guru memberikan penghargaan kepada siswa-siswa yang antusias |
0 comments:
Posting Komentar