Ketika mengawali membuat suatu perencanaan pembelajaran yang pertama dan utama adalah mengembangkan indikator. Pengembangan indikator mengacu dari kompetensi dasar (KD) yang tertuang dalam standar isi nasional. Jadi Indikator adalah perilaku/kemampuan siswa yang harus dimiliki dengan tujuan melihat ketercapaian kompetensi dasar tertentu. Indikator sangat penting karena dapat berfungsi (1) sebagai pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran; (2) sebagai pedoman dalam merancang kegiatan pembelajaran; (3) sebagai pedoman dalam mengembangkan bahan ajar; (4) sebagai pedoman dalam membuat soal evaluasi/penilaian hasil belajar.
Indikator dikategorikan menjadi tiga macam yaitu
- Indikator Kunci adalah indikator yang digunakan untuk mengukur ketercapaian kompetensi minimal KD dan harus teraktualisasi dalam pembelajaran serta dapat dikuasai oleh siswa.
- Indikator Pendukung adalah indikator yang digunakan dalam membantu tercapaiannya indikator kunci, atau sebagai prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum melaksanakan indikator kunci.
- Indikator Pengayaan adalah indikator yang tidak harus ada, jika ada digunakan agar indikator kunci dapat meningkat dan lebih baik lagi.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan indikator di antaranya adalah sebagai berikut.
- Menentukan pola pikir siswa dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai kompetensi minimal KD
- Menentukan kata kerja operasional (KKO) yang bisa diukur
- Merumuskan indikator menggunakan kalimat yang jelas, singkat, dan mudah dipahami
- Indikator harus memiliki hanya satu kegiatan/tindakan.
- indikator tidak boleh memiliki makna ambigu/ganda
- Memperhatikan karakteristik dari lingkungan sekolah, sarana prasarana, dan kebutuhan siswa.
Berikut ini daftar kata kerja operasional (KKO) edisi revisi teori Bloom :
Contoh Pengembangan Indikator :
KD : 3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan
IPK Pendukung :
1. Mengidentifikasi bagian-bagian pada tumbuhan di lingkungan sekitar
2. Menjelaskan bagian-bagian pada tumbuhan di lingkungan sekitar
3. Menganalisis bentuk-bentuk bagian pada tumbuhan di lingkungan sekitar
4. Menjelaskan fungsi bagian-bagian pada tumbuhan di lingkungan sekitar
IPK Kunci :
Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian-bagian pada tumbuhan di lingkungan sekitar
IPK Pengayaan :
Menyimpulkan hubungan antara bentuk dan fungsi bagian-bagian pada tumbuhan di lingkungan sekitar
0 comments:
Posting Komentar