Rabu, 02 Februari 2022

Cara Membuat Indikator Pembelajaran dengan Mudah


Ketika mengawali membuat suatu perencanaan pembelajaran yang pertama dan utama adalah mengembangkan indikator. Pengembangan indikator mengacu dari kompetensi dasar (KD) yang tertuang dalam standar isi nasional. Jadi Indikator adalah perilaku/kemampuan siswa yang harus dimiliki dengan tujuan melihat ketercapaian kompetensi dasar tertentu. Indikator sangat penting karena dapat berfungsi (1) sebagai pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran; (2) sebagai pedoman dalam merancang kegiatan pembelajaran; (3) sebagai pedoman dalam mengembangkan bahan ajar; (4) sebagai pedoman dalam membuat soal evaluasi/penilaian hasil belajar. 

Indikator dikategorikan menjadi tiga macam yaitu
  1. Indikator Kunci adalah indikator yang digunakan untuk mengukur ketercapaian kompetensi minimal KD dan harus teraktualisasi dalam pembelajaran serta dapat dikuasai oleh siswa.
  2. Indikator Pendukung adalah indikator yang digunakan dalam membantu tercapaiannya indikator kunci, atau sebagai prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum melaksanakan indikator kunci.
  3. Indikator Pengayaan adalah indikator yang tidak harus ada, jika ada digunakan agar indikator kunci dapat meningkat dan lebih baik lagi. 
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan indikator di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Menentukan pola pikir siswa dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai kompetensi minimal KD
  2. Menentukan kata kerja operasional (KKO) yang bisa diukur
  3. Merumuskan indikator menggunakan kalimat yang jelas, singkat, dan mudah dipahami
  4. Indikator harus memiliki hanya satu kegiatan/tindakan.
  5. indikator tidak boleh memiliki makna ambigu/ganda
  6. Memperhatikan karakteristik dari lingkungan sekolah, sarana prasarana, dan kebutuhan siswa.
Berikut ini daftar kata kerja operasional (KKO) edisi revisi teori Bloom :




Contoh Pengembangan Indikator : 

KD : 3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan

IPK Pendukung : 
1. Mengidentifikasi bagian-bagian pada tumbuhan di lingkungan sekitar
2. Menjelaskan bagian-bagian pada tumbuhan di lingkungan sekitar
3. Menganalisis bentuk-bentuk bagian pada tumbuhan di lingkungan sekitar
4. Menjelaskan fungsi bagian-bagian pada tumbuhan di lingkungan sekitar

IPK Kunci : 
Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian-bagian pada tumbuhan di lingkungan sekitar

IPK Pengayaan : 
Menyimpulkan hubungan antara bentuk dan fungsi bagian-bagian pada tumbuhan di lingkungan sekitar

0 comments:

Posting Komentar

Pencarian